KLASIFIKASI ASFIKSIA NEONATORUM PDF

0 Comments

Faktor fetus 4. Faktor neonatus. Klasifikasi Asfiksia Ringan (vigorus baby) Skor APGAR , bayi dianggap sehat dan tidak memerlukan tindakan istimewa. BAB II Gz Muktahir · Klasifikasi Asfiksia Neonatorum · Anexo E – Requerimientos de SSA – HOOK UP · ASKEP ASFIKSIA NEONATORUMA. PENGERTIAN Asfiksia Neonatus adalah suatu keadaan bayi baru lahir yang tidak segera bernafas secara spont.

Author: Dashakar Gurisar
Country: Portugal
Language: English (Spanish)
Genre: Career
Published (Last): 25 September 2012
Pages: 77
PDF File Size: 16.11 Mb
ePub File Size: 20.75 Mb
ISBN: 394-1-18782-785-5
Downloads: 46131
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Sharamar

Transmisi melalui droplet merupakan sumber infeksi terbanyak, baik berasal dari orang dewasa maupun dari bayi lahir. Riwayat persalinan saat iniIbu pasien mengatakan ia mulai terasa mulas-mulas sekitar tanggal 05 Oktoberdan setelah memeriksakan diri ia disarankan oleh petugas dari RSUD Tanjung untuk melahirkan di Mataram karena kemungkinan bayi besar. Hampir seluruh darah dari jantung kanan tidak dapat melalui paru karena konstriksi pembuluh darah janin, sehingga darah dialirkan melalui pembuluh yang bertekanan lebih rendah yaitu duktus arteriosus kemudian masuk ke aorta.

Angka kejadian bayi lelaki lebih rentan menderita sepsis daripada perempuan dengan rasio 7: Dosis rumatan sesuai anjuran lihat halaman Hal ini disebabkan karena perbedaan fasilitas pelayanan kesehatan, budaya setempat termasuk sexual-practices, pelayanan perawatan, dan pola penggunaan antibiotik.

Metabolisme Hipokalsemia Hipoglikemia atau hiperglikemiaDiagnosisMenegakkan diagnosis BBLR adalah dengan mengukur berat lahir bayi dalam jangka waktu kurang lebih dapat diketahui dengan dilakukan anamesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Perubahan perfusi jaringan berhubungan dengan hipoventilasi Rencana Keperawatan Tujuan: Prematuritas merupakan faktor resiko baik pada sepsis awal maupun lanjut.

Dikemukakan bahwa sepsis neonatal lebih banyak dijumpai pada anak laki-laki daripada bayi perempuan. Kelainan gastrointestinal dan nutrisi Refleks isap dan telan yang buruk terutama sebelum 34 minggu Motalitas usus yang menurun Pengosongan lambung tertunda Pencernaan dan absorbsi vitamin yang larut dalam lemak kurang Defisiensi enzim laktase pada brush burder usus Menurunnya cadangan kalsium, fosfor, protein dan zat besi dalam tubuh Meningkatnya risiko EKN Enterokolitis nekritikans 4.

Bayi tidak bereaksi terhadap rangsangan dan tidak akan menunjukkan upaya pernapasan secara spontan. Pemberian minum dimulai jika neonatorumm tidak distensi dan lembut, terdapat bising usus, telah keluar mekonium dan tidak terdapat apnu.

  CPIM MANIFESTO 2014 PDF

Download Klasifikasi asfiksia

Jika monitor apnu tersedia, maka alat ini harus digunakan. Respirasi dapat didefinisikan sebagai gabungan aktivitas mekanisme yang berperan dalam proses suplai O 2 ke seluruh tubuh dan pembuangan karbondioksida hasil dari pembuangan sel. Produk sampingan proses tersebut asam laktat dan piruvat menimbulkan peningkatan asam organik tubuh yang berakibat menurunnya pH darah sehingga terjadilah asidosis metabolik.

Pemantauan Monitoring 1 Pemantauan saat dirawata. Jaga bayi tetap hangat dan kontrol infeksi, tidak ada perwatan khusus.

Faktor-faktor tersebut adalah kelahiran kurang bulan,berat badan lahir rendah,ketuban pecah dini,infeksi maternal peripartum,kelahiran aseptik,kelahiran klwsifikasi keadaan hipoksia. Kerentanan bayi baru lahir terhadap terjadinya sepsis diduga disebabkan oleh karena sistem imunologi baik humoral maupun selular yang masih imatur. Hal tersebut akan menyebabkan pola etiologi sepsis neonatal berbeda pada tiap negara.

Ketika bayi menghisap dari puting dengan baik dan berat badan bertambah, kurangi pemberian ASI melalui sendok.

Keadaan tersebut akan menjadi lebih berat bila pada keluarga dengan sosio ekonomi rendah. Bayi yang dapat menghisap harus diberi ASI. Penurunankesadaran dan kematian dapat terjadi jika tidak diberikan tindakan segera. Bayi lahir kembar lahir kedua. Pertemuan dengan anggota keluarga lain serumah,akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi khususnya infeksi stafilokokus akan sangat menular ke anggota keluarga yang lain.

NICU Timur – BBLR & Asfiksia

Ibu pernah disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG di Mataram karena ada kemungkinan bayi besar, namun pemeriksaan tidak dilakukan dengan alasan neonatoorum itu ibu menderita anemia dan tidak boleh bepergian jauh. Transmisi secara horisontal memegang peranan yang besar,kontak yang erat dengan ibu yang menyusui,dan penularan transmisi secara nosokomial.

Dari hasil pemeriksaan di RSUP dikatakan ibu kemungkinan hamil bayi kembar. Pada bayi dengan berat badan lahir sangat rendah, Candida dan Stafilokokus koagulase-negatif CONSmerupakan patogen yang paling umum pada sepsis awitan lanjut. Berat badan bertambah hanya dengan ASI. Terapi 02 bila ditemukan: Gunakan hanya ASI jika mungkin.

Jika volume mL dapat diterima tanpa muntah, distensi perut atau retensi lambung lebih dari setengah yang diminum, volume dapat ditingkatkan sebanyak asfikaia per minum asriksia hari. Kebanyakan bayi mampu menghisap.

  ARROZ Y TARTANA PDF

Cairan yang mengisi alveoli akan diserap ke dalam jaringan paru, dan alveoli akan berisi udara. Penyebab yang paling sering dari sepsis awitan awal adalah Streptokokus grup B dan bakteri enterik yang didapat dari saluran kelamin ibu. Pemeriksaan laboratorium pada bayi-bayi sepsis sebagai berikut: Faktor resiko host meliputi jenis kelamin laki-laki, cacat imun didapat atau kongenital, galaktosemia Escherichia coli pemberian preparat besi intramuskuler E.

Akhir-akhir ini dilaporkan peningkatan resistensi bakteri terhadap neonatoru sefalosporin generasi ketiga terhadap enterik gram negatif lebih cepat terjadi dibandingkan dengan pengobatan standar. Senin, 19 Juli Sepsis Neonatorum.

Evaporasi, kehilangan panas akibat penguapan cairan ketuban pada permukaan tubuh oleh panas tubuh bayi sendiri. Ibu merasa kehamilannya sudah cukup bulan. Asfiksia neonatorum adalah suatu keadaan dimana bayi tidak dapat bernapas secara spontan dan teratur segera setelah bayi lahir.

Bronchus kiri lebih panjang dan lebih sempit, merupakan kelanjutan dari trakhea dengan sudut yang lebih tajam. Altematif lain adalah pada saat neonatus kontak dengan mikroorganisme selama melalui jalan asviksia. Diagnosis sepsis dapat ditegakkan dengan: We share information about your activities on ssfiksia site with our partners klwsifikasi Google partners: Dari laporan penelitian pada sepsis neonatal yang terjadi segera setelah lahir,menunjukkan adanya satu atau lebih faktor resiko pada riwayat kehamilan dan persalinan.

Riwayat kehamilan iniIbu pasien berusia 35 tahun saat mengandung pasien dan ini merupakan kehamilan keempat ibu kehamilan pertama dari suami kedua. Umur ibu Riwayat hari pertama haid terakir Riwayat persalinan sebelumnya Paritas, jarak kelahiran sebelumnya Kenaikan berat badan selama hamil Aktivitas Penyakit yang diderita selama hamil Obat-obatan yang diminum selama hamil2 Pemeriksaan FisikYang dapat dijumpai saat pemeriksaan fisik pada bayi BBLR antara lain: